Jumat, 12 Februari 2010

Percobaan J.J. Thompson

lihatlah gambar disamping, gambar tersebut merupakan bagan alat yang digunakan thompson untuk menguji bahwa materi mempunyai zat listrik. Dalam alat ini terdapat dua elektroda, katoda dan anoda. Kedua elektroda dihubungkan dengan sumber arus bertegangan tinggi. Dari sumber arus, Anda dapat melihat bahwa katoda berkutub negatif dan anoda berkutub positif.
Tabung ini terkenal sebagai tabung pengawa muatan atau ada yang memberi nama tabung sinar katoda. Tabung ini dihubungkan dengan pompa vakum dan dilengkapi dengan layar seng sulfida, ZnS yang mempunyai sifat dapat berpendar apabila dilalui elektron. Di atas tabung terdapat pelat bermuatan negatif dan di bawah tabung dipasang pelat bermuatan positif.
Tabung divakumkan, kemudian diisi suatu gas bertekanan rendah. Pada saat sirkuit ditutup, tampak adanya sinar yang berasal dari katoda menuju anoda, namun berbelok ke bawah mendekati pelat positif.
Bagaimana kesimpulan Thomson tentang hasil pengamatannya ini? Beliau menyatakan bahwa atom-atom gas dalam tabung mengandung partikel bermuatan negatif yang selanjutnya dinamakan elektron. Mengapa partikel-partikel itu bermuatan negatif? Karena sinar yang datang dari katoda berbelok ke pelat positif. Di atas dikatakan bahwa tabung percobaan Thomson dinamakan tabung sinar katoda? Karena terjadi sinar yang datang dari katoda, maka sinar itu diberi nama sinar katoda dan tabungnya diberi nama yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar