Senin, 22 Februari 2010

ENERGI IONISASI PERTAMA LOGAM ALKALI

Apa arti energi ionisasi pertama (EI-I)?
Misalnya natrium, Na.
Persamaan ionisasinya dapat ditulis sebagai berikut:
Na(g) + EI-I --> Na+(g) + e
Bagaimana menjelaskan persamaan reaksi di atas?

Energi ionisasi pertama adalah sejumlah energi yang diperlukan oleh suatu atom netral dalam wujud gas, Na(g) untuk melepaskan satu elektron yang terikat paling lemah, membentuk ion positif dalam bentuk gas, Na+(g).
Mengapa atom Na dan ion Na+ keduanya dalam bentuk gas? Menurut kenyataan, jika logam natrium direaksikan dengan gas khlor, persamaan reaksinya adalah: 2 Na(s) + Cl2(g) --> 2 NaCl(s).
Benar, untuk itu bukalah kembali topik pembentukan senyawa ion NaCl yang sudah diterbitkan pada blog ini.
Sekarang kita kembali ke EI-I. Mungkinkah logam alkali menjadi ion +2 dengan melepaskan elektron kedua yang memerlukan EI-II? Tidak mungkin. Mangapa? Setelah menjadi ion Na+(2,8), sudah stabil, isoelektronik dengan Ne(2,8). EI-II lebih besar dibanding EI-I karena jumlah muatan positif inti lebih besar dari muatan negatif elektron, sehingga jari-jari ionnya juga sudah mengecil. Karena EI-II sangat besar, maka logam alkali hanya membentuk ion +1 sesuai elektron valensinya.
Bagaimana perubahan EI-I dari atas ke bawah logam alkali? Makin kecil. Mengapa? Jari-jari atom mereka makin berkurang, maka elektron terluar dapat lebih mudah dilepaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar